Hubungi Faticha via Whatsapp. Chat Sekarang!

Table of Content

Atasi Kulit Kering, dengan Mengetahui Penyebab dan Perawatannya

Atasi Kulit Kering, dengan Mengetahui Penyebab dan Perawatannya

Kamu mengalami masalah kulit kering? dan tidak nyaman dengan tampilan kulit wajah yang bersisi, pecah-pecah, bahkan mengelupas seperti ganti kulit.

Kulit kering merupakan suatu kondisi dimana lapisan kulit paling atas tidak terhidrasi dengan baik, atau bisa dikatakan kekurangan cairan pelembab dalam tubuh.

Siapapun orangnya, pasti memiliki resiko terkena kondisi kulit kering. Namun untuk hal ini, orang yang berusia lebih tua lebih rentat mengalami kulit kering.

Hal tersebut dikarenakan, lansia mengalami penurunan kadar produksi minyak sebagai pelumas kulit alami.

Kulit kering pada wajah, lebih besar terkena resiko terhadap kerusakan kulit. Bahkan jika kulit kering tidak mendapatkan penanganan yang tepat, akan menjadi lebih parah hingga muncul deretan komplikasi kulit.

Namun untuk kondisi ini tentu saja terdapat cara untuk mengantisipasi dan menekan resiko yang lebih besar.

Tanda-Tanda dan Gejala Bahwa kamu mengalami Kulit Kering


Kulit kering dapat menyebabkan gejala dan ciri sebagai berikut:

  • Sensasi kulit yang mengencang, terutama setelah mandi atau berenang
  • Kulit yang terasa dan terlihat kasar
  • Gatal (pruritus)
  • Kulit mengelupas
  • Kulit bersisik
  • Kulit pecah-pecah dengan garis yang tipis
  • Kulit berwarna keabuan pada orang dengan kulit berwarna gelap
  • Kemerahan
  • Pecah-pecah dalam dan bisa sampai berdarah.

Terkadang ada jenis perawatan kulit kering yang bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup yang lebih sehat.

Meskipun begitu jangan pernah menyepelekan masalah kulit kering, jangan sampai kamu menyesal dilain hari karena komplikasi kulit yang parah.

Kenali Penyebab Kulit Kering

Umunya kondisi kulit kering disebabkan oleh kondisi lingkungan dan kebiasaanmu, seperti beberapa faktor timbulnya kulit kering seperti:

Iklim

Bagian tubuh seperti kulit, akan berada pada kondisi paling kering yaitu pada musim dingin. Pada saat suhu ekstrim inilah, kadar kelembaban udara menjadi lebih menurun.

Selain itu, kondisi pada iklim panas dengan kelembaban yang rendah juga dapat membuat kulit kamu beresiko mengalami kondisi kering karena terjadinya dehidrasi.

Mandi air panas
Memiliki kebisaan mandi uap atau air panas terlalu lama juga akan membuat kamu dehidrasi dan beresiko mengalami kulit kering.

Ini terjadi karena air atau uap panas justru dapat mengurangi kelembaban minyak dalam tubuh. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengurangi kebiasaan berlama-lama mandi air panas.

Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari dengan suhu ektrim dapat membuat kulitmu mengalami kekeringan caira. Karena sinar UV dapat menembuh hingga kedalam permukaan kulit, sehingga akibat yang terjadi yaitu kekeringan kadar minyak yang diproduksi oleh tubuh. 

Perawatan Kulit Kering di Rumah

Melakukan perawatan kulit kering bisa kamu lakukan dirumah, dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut ini beberapa pola hodup sehat untuk perawatan kulit kering yang dapat membantu kamu mengatasi permasalahan kulit kering bersisik:

Sabun dan deterjen yang keras

Sabun mandi yang mengandung deterjen yang keras memiliki berbagai campuran bahan yagn dapat menghilangkan kelembaban kulit.

Rutin menggunakan pelembap herbal

Kamu dapat mengoleskan kosmetik pelembab herbal secara teratur sepanjang hari untuk perawatan kulit kering. Pelembab ini dapat membantu perlindungan lapisan kulit agar cairan tidak mudah keluar dari pori-pori kulit.

Pelembab herbal yang paling cocok buat kamu yang memiliki masalah kulit kering yaitu Natura Aloe Vera Soothing Gel.

Produk Natura World ini terbuat dari bahan herbal yang dimanfaatkan untuk mengatasi kulit kering. Kamu bisa menggunakan Natura Aloe Vera Soothing Gel, pada malam hari sebelum tidur.

Membatasi waktu mandi

Meskipun mandi atau berenang di kolam sangat menyenangnkan, tapi usahakan jangan terlalu lama. Karena kebiasaan ini apabila masih berlanjut, akan memperburuk kondisi kulit kamu menjadi semakin kering.

Menggosok kulit kering dengan lembut

Kulit bersisik dan kering biasanya sangat mudah sekali terkelupas dan menyebabkan iritasi berupa luka. Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut kamu perlu mengeringkan kulit dengan cara menepuk bagian kulit dengan handuk berbahan mudah menyerap air, untuk membantu mengeringkan kulit.

Kamu yang ingin melakukan perawatan kulit kering, bisa membeli natura Aloe Vera Soothing Gel dibawah ini. Produk ini terbuat dari bahan herbal, dan dibuat dengan menyesuaikan karakteristik kulit orang Indonesia.

PROMO GRATIS ONGKIR, area JAWA! BELI Sekarang Juga!